A. Soal Perencanaan
1. Konsep Perencanaan.
Faludi (1978: 327, 330) dalam
bukunya A Reader in Planning Theory,
mengutip pendapat yang dikemukakan para pakar yaitu Charles E. Merriam,
Yeheskiel Dior, dan Paul Davidoff dan Thomas A. Reiner, yang mengatakan bahwa: Planning is an organized effort to utilize
social intelligence in the determination of national policies. Dan Planning is the process of preparing a set
of decisions for actions in the future, directed at achieving goals by
preferable means. Coba jelaskan apa maksudnya?
2. Aspek-aspek perencanaan.
Berdasarkan
konsep-konsep perencanaan yang telah dikemukakan, ada beberapa persamaan
pendapat menyangkut beberapa aspek perencanaan.
Aspek-aspek tersebut adalah:
a.
Perencanaan sebagai Proses.
b.
Perencanaan selalu future oriented
c.
Perencanaan ditujukan untuk pencapaian tujuan.
d.
Perencanaan sebagai usaha menjabarkan
kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.
e.
Perencanaan sebagai kegiatan untuk
mengidentifikasikan sumber-sumber
(resources) yang dapat menunjang pelaksanaan kegiatan.
f.
Perencanaan merupakan kegiatan mempersiapkan
sejumlah alternatif.
Coba
jelaskan masing-masing aspek di atas?.
3. Proses Perencanaan.
Untuk mempermudah menganalisis perencanaan sebagai suatu
proses yang berkesinambungan, maka dibedakan enam tahap proses perencanaan
sebagai berikut: Coba jelaskan masing-masing proses berikut ini?
a.
Tahap pra-perencanaan.
b.
Tahap perencanaan awal. Tahap formula rencana.
c.
Tahap elaborasi rencana.
d.
Tahap implementasi rencana.
e.
Tahap evaluasi dan perencanaan ulang.
4. Filosofi Mengajar.
Dengan membuat perencanaan
program pembelajaran yang baik maka seorang guru akan tumbuh menjadi seorang
guru yang baik sesuai dengan filosofi mengajar yang dikemukakan Lindeburg
(1978: 3,4). Coba sebutkan 6 hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam bahasa
Inggris?:
5. Unsur-Unsur Pertimbangan Pokok Dalam Menyusun
Program Pembelajaran.
Dalam merencanakan program
pembelajaran paling tidak ada lima unsur yang harus dilakukan guru yaitu:
a. Menetapkan
tujuan pembelajaran.
b.
Memilih dan
mengembangkan bahan pengajaran.
c.
Memilih dan
mengembangkan strategi pembelajaran.
d.
Memilih dan
mengembangkan media pengajaran dan,
e.
Memilih dan
memanfaatkan sumber belajar.
6. Dalam berbagai
literatur yang berkaitan dengan pembelajaran
gerak (psikomotorik) dalam pendidikan jasmani disimpulkan ada tujuh faktor
pertimbangan yang harus dilakukan guru dalam membuat rencana program
pembelajaran, yaitu:
7. Faktor
anak dalam Perencanaan Pembelajaran
Karakteristik siswa adalah
keseluruhan pola perilaku dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari
pembawaan dan lingkungan sosialnya, sehingga menentukan pola aktivitas, dalam
meraih cita-citanya. Ada tiga hal yang
menyangkut karakteristik siswa yang perlu diperhatikan, yaitu:
8.
Pengertian Model.
Ada beberapa pengertian mengenai
model sebagaimana dikemukakan para pakar berikut ini:
a. William
A. Schrode; D. Voich (1974) mengemukakan :
“model is a representation of
reality intended to explain the behavior of some aspects of it “. Ellias M. Awad (1979) mengemukakan bahwa: a model is a representation of a real of a
planned system.
9.
Pentingnya Penggunaan Model.
Model banyak digunakan dalam
berbagai kegiatan analisis ataupun disain, karena model yang dibuat itu dapat
membantu memperjelas prosedur, hubungan, serta keadaan keseluruhan dari apa
yang didisain tersebut. Ada beberapa
kegunaan penggunaan model, antara lain:
10. Model/ Pola Dasar Mengajar Tradisional.
Model atau pola dasar mengajar ini dikembangkan oleh
gleser (1962). Model mengajar ini terdiri dari empat komponen secara berurutan,
dan sekaligus merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh guru pada waktu
mengajar. Coba anda buat desain yang dimaksud dan
jelaskan desain model tersebut.
Bila perlu penjelaskan silahkan bertanya dalam kolom pertanyaan.
Bila perlu penjelaskan silahkan bertanya dalam kolom pertanyaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar